Thursday, December 20, 2012

TUGAS TERSTRUKTUR 3 BIOLOGI UMUM


TOPIK  : ALIRAN ENERGI
1. Kehidupan Di Bumi
             Hidup disini dibumi bergantung pada aliran ergi dan reaksi-reaksi thermonuclear yang terjadi di inti matahari. Jumlah energi yang dihantar ke bumi oleh matahari adalah kira-kira 13x1023 kalori pertahun. Ini adalah kuantitas yang sulit dibayangkan. Misalnya, jumlah energi matahari yang menerpa bumi setiap hari adalah 1,5 miliar kali lebih besar dari jumlah listrik yang di Amerika serikat setiap tahun

 
2. Hukum Termodinamika
Hukum pertama

    Hukum pertama menytakan : Energi dapat berubah dari satu bentuk kebentuk lao,tetapi eneri tak dapat diciptakan atau dihancurkan.
Hukum kedua
    Energi  yang dilepaskan sebagai panas dalam satu konversi energi adalah tidak musnah energi tetap ada dalam gerakan acak atom-atom dan molekul-molekul , tetapi energi telahhilanguntuk semua tujuan praktis. 



3. Reaksi Oksidasi-Reduksi
Oksidasi adalah kehilangan elektron
Contoh:
C6H12O6 + 6O2       6CO2 +6H2O +  energi
Reduksi adalah memperoleh elektron
Contoh:
6CO2 + 6H2O + energi       C6H12O6 + 6O2
3. Reaksi Oksidasi-Reduksi
Oksidasi adalah kehilangan elektron
Contoh:
C6H12O6 + 6O2                      6CO2 +6H2O +  energi
Reduksi adalah memperoleh elektron
Contoh:
6CO2 + 6H2O + energi           C6H12O6 + 6O2


 
TOPIK  : GLIKOLISIS
1.Metabolisme
      Dalam sistem hidup manapun, pertukaran energi terjadi melalui ribuan reaksi kimia yang berbeda, kebanyakan dari reaksi kimia ini terjadi simultan. Keseluruhan reaksi ini disebut metabolisme.
      Anbolime adalah seluruh reaksi kimia yang terlibat dalam sintesis.
      Katabolisme adalah aktivitas-aktivitas dikenal secara kolektif.



2. Overview Oksidasi Glukosa
    Oksidasi adalah proses dilepaskannya elektron sedangkan reduksi sebaliknya. Karena itu didalam reaksi redoks elektron berpindah dari level energi yang lebih tinggi ke level yang lebih rendah. Dalam oksidasi gula ikatan karbon-karbon, ikatan karbonhidrogen dan ikatan oksigen-oksigen dipertukarkan dipertukarka dengan ikatan karbon-oksigen dan ikatan hidrogen-oksigen karena atom oksigen menarik elektron. Ringkasan persamaan proses :
    Glukosa + 3oksigen  arbon dioksida + air + energi
    C6H12O6 + 6O2                    6CO2 + 6H2O

 
2. Tahap-tahap Glikolisis
       Tahap 1. Dalam glikolisis memerlukan input energi yang disuplai dengan memadukan tahap ini dengan sistem ATP/ADP.
       Tahap 2. Molekul direorganisasi lagi dengan bantuan enzim khusus.
       Tahap 3. Talam tahap ini seperti halnya tahap 1, fruktosa 6 fosfat memperoleh fosfat kedua melalui investasi lain
       Tahap 4. Molekul gula berkarbo 6 pecah menjadi 2 molekul berkarbon 3 yaitu dihidroksi, aseton dan gliseraldeid fosfat.
      Tahap 5. Molekul gliseraldeid fosfat dioksidasi yaitu atom hidrogen beserta elektronnya dipindahkan dan NAD dereduksi menjadi NADH.
      

 


 TOPIK 3 : RESPIRASI
1.Lintasan Anaerobik
a.Konversi asam piruvat menjadi etanol
      Tahap dimana asam pirufat yang dibentuk glikolisis adalah dikonversi secara anaerobik menjadi etanol(etil alkohol).
b. Konversi asam piruvat menjadi asam laktat
      Reaksi enzimatik yang menghasilkan asam laktat dari asam piruvat secara anaerobik terjadi di sel-sel otot.



2. Oksidasi Asam Piruvat
    Dalam kehadiran oksigen, tahap selanjutnya dalam perombakan glukosa melibatkan oksidasi asam pirufat menjadi karbon dioksida dan air-proses yang dikenal sebagai respirasi.
    Respirasi memiliki dua arti . Pertama adalah bernafas, memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, makna yang kedua adalah oksidasi molekul-molekul makanan oleh sel.



3. Siklus Krebs
    Pada saat memasuki siklus krebs, gugus asetil berkarbon dua bergabuung dengan senyawa berkarbon empat (asam oksaloasetat) menghasilkan senyawa berkarbon enam (asam sitrat).  Sepanjang siklus, dua dari ke enam karbon dioksidasi menjadi CO2  dan asam oksaloasetat dibentuk-jadi membentuk rangkaian dan membangkitkan suatu molekul asam oksaloasetat, yang kemudian siap memulai siklus lagi.

 


 

TOPIK 4 : FOTOSINTESIS
1.Evolusi Organisme Fotosintetik
      Organisme fotosintetik pertama kemugkinan muncul   3 sampai 3,5 miliar tahun lalu. Sebelum evolusi fotosintesis, karakteristik fisik bumi dan atmosfirnya adalah kekuatan terdahsat dalam mengarahkan seleksi alam. 



2. Klorofil
    Agar energi cahaya dapat digunakan oleh sistem hidup maka cahaya harus diserap. Pigmen adalah subtansi yang menyerap cahaya. Ada beberapa jenis klorofil yang berbeda yang sedikit bervariasi dalam struktur molekul. Pada tumbuhan, klorofil adalah pigmen yang terlibat lagsung dalam transformasi cahaya menjadi energi kimia. Kebanyakan sel fotosintetik juga mengandung jenis klorofil.



3. Tahap-tahap Fotosintesis
    Kira-kira 200 tahun yang lalu ilmuan Belanda Jean Ingenousz menunjukkan bahwa cahaya dibutuhkan untuk proses fotosintesis. Sekarang diketahui bahwa fotosintesis sesungguhnya terjadi dalam 2 tahap dan hanya 1 tahap yang memerlukakan cahaya. Bukti untuk mekanisme 2 tahap ini pertama kalu ditunjukkan F.F Blackman seorang ahli fisiologi Inggri. Pertama, ada sekelompok reaksi yang berantung cahaya tetapi tidak bergantung temperatur. Kedua, ada kelompok reaksi yang tidak bergantung cahaya tetatpi bergantung temperatur.



 sumber : Ir.Zulkifli M.Sc

0 komentar: